Transformasi Laplace

Transformasi Laplace merupakan metode operasional yang digunakan untuk menyelesaikan persamaan differensial linier. Dengan menggunakan transformasi Laplace, dapat diubah beberapa fungsi umum seperti fungsi sinusoida, fungsi sinusoida teredam, dan fungsi eksponensial, menjadi fungsi-fungsi aljabar variabel kompleks s. Bila persamaan aljabar dalam s dipecahkan, maka penyelesaian dari persamaan diferensial (Transformasi Laplace balik dari variabel tidak bebas) dapat diperoleh dengan menggunakan tabel Transformasi Laplace.


Suatu kelebihan metode transformasi Laplace adalah metode ini memungkinkan penggunaan teknik grafis untuk meramal kinerja sistem tanpa menyelesaikan persamaan diferensial sistem. Kelebihan lain metode transformasi Laplace adalah diperoleh secara serentak baik komponen transien maupun komponen dalam keadaan tunak. Sederhananya prosedur dari dasar pemecahan menggunakan metode Transformasi Laplace adalah: · 
  • Persamaan diferensial yang berada dalam kawasan waktu (t), ditransformasikan ke kawasan frekuensi (s) dengan transformasi Laplace. 
  • Persamaan yang diperoleh dalam kawasan s tersebut adalah persamaan aljabar dari variabel s yang merupakan operator Laplace. 
  • Penyelesaian yang diperoleh kemudian ditransformasi-balikkan ke dalam kawasan waktu. 
  • Hasil transformasi balik ini menghasilkan penyelesaian persamaan dalam kawasan waktu. Secara umum Transformasi Laplace digunakan mentransformasikan sinyal atau sistem dari kawasan waktu ke kawasan-s. 
 Persamaan :
Previous Post Next Post

Contact Form